Halaman

Rabu, 09 September 2020

Dasar HTML

Halo..Apakabar sahabat Kampus

Untuk kali ini setelah sekian lama tidak posting, untuk kali ini saya mau posting tentang Dasar HTML dalam membuat HTML. Untuk kali ini bahasan kita yaitu tentang dasar dasar HTML.

Mendesain html berarti melakukan suatu tindakan pemrograman. Namun html bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Namun html hanyalah berisi perintah‐perintah yang telah terstruktur berupa tag‐tag penyusun. Menuliskan tag‐tag html tidaklah sebatas hanya memasukkan perintah‐perintah tertentu agar html kita dapat di akses oleh browser. Mendesain html adalah adalah sebuah seni tersendiri. Homepage yang merupakan implementasi dari html adalah refleksi dari orang yang membuatnya. Untuk itu kita perlu mendesainnya dengan baik agar para pengunjung homepage yang kita buat merasa senang dan bermanfaat.

Sahabat Kampus 

Dalam mendesain HTML dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :

1. Menggunakan HTML editor : Menggunakan  Adobe Dream Weaver atau bisa menggunakan Microsft FrontPage

2. Atau dengan cara menulis sendiri secara Manual satu persatu tag tag HTML kedalam dokumen HTML

3. Nah yang ketiga..Ini membuat Teman teman Mudah tapi sebagai basic biar paham pakai yang 2 itu dulu yaa heehhe...Oke saya bocorin yang ketiga menggunakan Sublim Text ( software ini open source) lo....Tapi yang ini nanti dipostingan tersendiri yaa..

Sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan dari dua cara di atas. 

Cara pertama :  kelebihannya adalah html Editor merupakan sebuah program yang khusus didesain untuk membuat, melakukan editing bahkan mem‐ publish ke internet. 

Dengan kemampuannya menggabungkan kemudahan dan kecanggihan teknologi internet ke dalam dokumen html maka cara ini sangat disukai oleh para pemula dan desainer yang tidak ingin belajar lebih mendalam mengenai html.

Sedangkan untuk  

Cara kedua adalah menuliskan secara manual satu persatu tag‐tag html. Hal ini sangat disarakan sulit dikarenakan akan memakan tenaga dan waktu ekstra untuk melakukannya, ditambah lagi Anda harus melakukan cara‐cara konvensional untuk melihat hasilnya pada web browser. 

Namun pada cara kedua adalah dasar dari segala bentuk html yang akan Anda pelajari, karena dengan cara itulah Anda akan lebih paham mengenai cara kerja dan berbagai perintah yang biasa dipakai pada bahasa html. 

Nah mana yang sahabat kampus pilih, saya pikir bisa dua cara ini dipakai karena dengan cara manual kita akan lebih tahu dan memahami secara detail tentang perintah pada HTMl.

Nah sekarang perhatiakn Contoh berikut :

 <html>

<head>

<title>judul Dokumen html</title>

</head>

< body>

penulisan informasi web

</body>

</html>

Selanjutnya yuk kita perhatikan dari penjelasan dari struktur dasr  HTML diatas 

a. Tag Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh adalah tag dengan nama body. Tag harus ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh ini adalah tag pembuka isi dokumen html, dan ini adalah tag penutup isi dokumen html. b. Element Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen html pada web browser digunakan element title, dimana: ini adalah tag penutup judul dokumen html Tag‐tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element html, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag‐tag lainnya. Contoh penulisan tag‐tag yang benar.

<p>

<b>

</b>

</p>

Catatan : Jika penulisan script salah, maka script tidak terbaca sempurna ( Eror ) sehingga dapat mengganggu penampilan dan dinamika web itu sendiri.

ATRIBUTE

Attribute mendefinisikan property dari suatu element html, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:

<TAG

Nama-attr = "nilai -attr"

Nama-attr = "nilai -attr"

>

</TAG>

Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah

<body bgcolor="black"text ="yellow" 

Oke sampai disisni jelas yaa?

ELEMENT HEAD

Apa yang merupakan kepala dari dokumen  Html :  tag <head> dan tag </head> terletak diatara tag <html> dan tag </html> sintaknya :

<head>

</head>


To be cotinous.....

0 komentar:

Posting Komentar